Beranda » Blog » Kiat Membangun Usaha Kafe Sukses

Kiat Membangun Usaha Kafe Sukses

Diposting pada 16 March 2018 oleh / Dilihat: 1.770 kali

Kiat Membangun Usaha Kafe Sukses

Kafe adalah tempat dimana banyak orang berkumpul bersama teman, bersantai menikmati hidangan hingga melepas penat dari kegiatan rutinitas setelah seharian bekerja. Dengan ruangan yang nyaman serta sajian yang lezat, kafe akan menjadi tempat paling asyik untuk dikunjungi banyak orang. Saat ini, kafe memang telah menjadi tren dikalangan muda. Maka dari itu, peluang untuk mendapatkan keuntungan dan omset besar dari usaha kafe sangat besar pula.

Namun tetap saja, meski peluangnya besar, Anda harus bisa menjalankan bisnis ini dengan beberapa kiat agar bisa bertahan dan sukses. Apalagi jika Anda hanya memiliki modal minim. Lalu seperti apa kiat untuk membangun usaha kafe? Berikut ulasannya :

  1. Pilih Tempat yang Ramai dan Buatlah Senyaman Mungkin

Kiat pertama untuk menjadikan usaha kafe Anda sukses adalah dengan memperhatikan lahan dan tempat yang akan digunakan untuk usaha Anda. Usahakan lahan dan tempat yang akan Anda gunakan untuk kafe ini berada di lokasi yang ramai dan strategis. Anda tidak harus menyewa tempat di mall untuk bisa menarik banyak pengunjung, namun dengan tempat Anda sendiri di pinggir jalan yang ramai, kafe Anda juga sangat mungkin mendapatkan pengunjung yang banyak.

Yang penting lagi dari lokasi adalah buatlah tempat yang nyaman bagi pengunjung. Tempat yang nyaman memang sangat mendukung untuk membuat pengunjung betah dan datang lagi di lain waktu. Maka semakin nyaman kafe Anda maka semakin banyak pula pengunjung yang akan datang ke kafe Anda. Dari sini maka akan mampu meraih pendapatan atau omset yang besar setiap bulannya.

     2. Sajikan yang Bersih dan Lezat

Meskipun bukan rumah makan atau restoran, bukan berarti bisa sembarangan menyajikan menu makanan dan minuman untuk kafe Anda. Lebih dari itu Anda tetap harus mengutamakan kualitas dari menu kafe Anda. Rasa adalah hal pertama dan harus Anda prioritaskan. Pastikan bahwa rasa menu sajian di kafe Anda memiliki cita rasa yang tinggi. Perhatikan pula tentang kebersihan yang tidak hanya tempatnya namun juga penyajian makanannya. Pastikan jika alat produksinya menggunakan mesin, selain kebersihan perhatikan pula perawatannya.

    3. Pilih Perlengkapan Usaha yang Murah dan Menarik

Kiat berikutnya untuk membangun bisnis kafe yang sukses adalah dengan memilih perlengkapan usaha yang murah dan menarik. Tidak semua barang mewah bisa menarik banyak orang. Namun dengan sebuah kreativitas, Anda bisa menciptakan perlengkapan unik dari bahan yang murah dan sederhana yang mampu menarik banyak pengunjung.

Sebenarnya banyak bahan yang bisa memenuhi kriteria ini, sebut saja seperti piring dari bahan anyaman bambu yang diberi alas daun pisang. Pemilihan gelas dari bahan kayu juga murah dan akan menarik pengunjung. Anda bis mengembangkan sendiri alat yang unik dari bahan-bahan sederhana lainnya dengan harga yang murah meriah.

      4. Maksimalkan Tenaga Sendiri

Sebuah usaha memang memiliki segudang pekerjaan yang terkadang membutuhkan bantuan orang lain untuk menyelesaikannya. Maka tidak jarang banyak sekali pemilik bisnis yang kemudian merekrut beberapa karyawan untuk membantu usahanya. Jika Anda mampu mengerjakan beberapa pekerjaan sendirian mengapa pula harus merekrut orang, bukankah ini satu hal yang bisa menghemat modal? Ingat, pengusaha harus berjuang dan bekerja keras di awal usaha untuk bisa meraih kesuksesan di masa depan.

     5. Terapkan Strategi Marketing Hemat Biaya

Sebuah bisnis memang selalu membutuhkan penghematan di sektor marketing agar bisnisnya dikenal banyak orang dan mampu meningkatkan jumlah pelanggan. Namun tidak jarang banyak pengusaha yang terjebak pada pemborosan dana saat ia melakukan promosi. Bagaimana cara menerapkan kiat ini?

Anda bisa menerapkan strategi pemasaran lewat media sosial yang dikenal sangat hemat biaya bahkan gratis. Apakah strategi ini efektif? Tentu saja, ini tergantung teknik dan ketekunan Anda mengelola media sosial tersebut. Semakin anda tekun dan tepat, teknik yang Anda gunakan dalam mengelola media sosial ini maka semakin efektif juga strategi yang Anda jalankan.

       6. Jalin kerjasama dengan Investor

Terakhir, untuk menjadikan kafe anda sukses, adalah dengan menjalin kerjasama dengan investor. Langkah ini adalah cara yang paling efektif untuk bisa menjalankan bisnis dengan lancar dan berkelanjutan. Carilah teman atau sahabat atau anggota keluarga yang mau diajak untuk berbisnis. Dengan modal dari pihak kedua ini, maka Anda akan mampu membangun usaha kafe ini.

Bagikan ke

Kiat Membangun Usaha Kafe Sukses

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.

Kiat Membangun Usaha Kafe Sukses

Website Partner
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Dian
● online
Dian
● online
Halo, perkenalkan saya Dian
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout