Beranda » Blog » Kunci Sukses Bisnis Camilan Makanan Ringan

Kunci Sukses Bisnis Camilan Makanan Ringan

Diposting pada 20 April 2018 oleh / Dilihat: 2.486 kali

Kunci Sukses Bisnis Camilan Makanan Ringan

camilan kering bisnis rumahan

Apakah anda ingin melakukan usaha sampingan namun tidak memiliki banyak modal. Tidak memiliki keahlian dan tidak memiliki banyak waktu luang? Jangan khawatir, usaha atau bisnis sampingan memasarkan camilan bisa menjadi bisnis yang tepat untuk anda.

Bisnis camilan makanan tergolong usaha rumahan yang sangat mudah dijalankan karena waktu kerja yang fleksibel, tidak memerlukan keahlian khusus, modal yang dikeluarkan juga tidak banyak.

Dari beberapa kelebihan dan kemudahan yang telah disebutkan, maka usaha camilan ini bisa jadi sangat cocok untuk anda yang tidak memiliki banyak waktu serta tenaga namun tetap ingin menambah penghasilan dari rumah.

Analisa bisnis camilan makanan ringan dan kunci suksesnya

  1. Target konsumen bisnis camilan makanan ringan

Kebanyakan orang pasti suka ngemil, mulai dari anak-anak hingga orangtua. Biasanya, camilan selalu ada untuk menemani saat santai, baik sendiri maupun ketika berkumpul bersama keluarga atau teman. Oleh karena itu, sasaran pasar untuk usaha camilan cukup luas dan dapat menjangkau berbagai kalangan. Untuk memenuhi permintaan pasar yang mungkin cukup besar, anda bisa memanfaatkan keberadaan warung yang ada di sekitar tempat tinggal anda.

  1. Info usaha rumahan bisnis camilan makanan

Ada beberapa tahapan yang bisa dilakukan ketika anda ingin memulai usaha menjadi supplier camilan. Berikut diantaranya :

  • Lakukan survei terlebih dahulu jika anda masih bingung ingin menentukan cemilan apa yang bagus untuk dijadikan produk usaha. Pilih cemilan yang banyak diminati oleh masyarakat agar produk yang anda jual dapat laku keras di pasaran serta menghasilkan untung yang banyak.
  • Carilah produsen cemilan yang mampu menghasilkan produk berkualitas namun dengan harga terjangkau sehingga anda dapat menjual kembali produk tersebut dengan harga yang bersaing di pasaran. Produk berkualitas mencakup soal rasa, kebersihan dan tampilan.
  • Lakukan kerjasama dengan produsen camilan yang anda pilih. Berikan penjelasan mengenai kerjasama dan niat anda untuk menjadi supplier camilan yang mereka produksi. Tanyakan apakah ada harga khusus untuk anda, jika membeli dalam jumlah banyak, agar ketika dijual kembali, harga yang dipatok tidak terlalu mahal, setidaknya dapat bersaing dengan harga pasaran.
  • Apabila kesepakatan kerjasama dengan produsen telah dicapai, langkah berikutnya adalah menyiapkan berbagai alat dan perlengkapan yang diperlukan untuk pengemasan produk. Beberapa alat yang biasanya diperlukan pada tahap ini adalah mesin pengemas (sealer), kemasan yang sudah dibuat semenarik mungkindengan variasi ukuran serta mencantumkan merk dan label.
  • Terakhir, jika tahap pengemasan telah dilalui, maka tahap selanjutnya adalah menentukan target pasar yang potensial. Pilih beberapa tempat seperti warung, kantin dan minimarket yang cukup ramai pengunjung sehingga kemungkinan produk yang anda titipkan di tempat tersebut bisa cepat laku dan habis terjual.

Kelebihan Bisnis Camilan Makanan :

Beberapa keuntungan atau kelebihan dalam menjalankan bisnis camilan yaitu keuntungan yang cukup besar meskipun dengan modal yang kecil. Jika anda bisa memasarkannya dengan jeli, memilih produk camilan yang berkualitas dan banyak diminati, maka tidak menutup kemungkinan bisnis anda akan mendatangkan keuntungan yang besar.

Tingginya minat masyarakat terhadap kebutuhan produk camilan membuat bisnis ini memiliki peluang pasar yang cukup luas. Tingkat kerugian akan penjualan camilan relatif kecil karena daya tahan produk yang tahan lama dan tidak cepat basi.

Kendala Bisnis Camilan Makanan :

Kendala yang seringkali dihadapi pelaku bisnis camilan adalah pengadaan bahan baku yang tidak pasti sehingga menyebabkan sewaktu-waktu stok bisa kosong ketika tingginya permintaan pasar. Apalagi jika sedang dalam kondisi tertentu misalnya menjelang hari raya besar seperti lebaran, dimana permintaan akan kebutuhan produk camilan sangat tinggi.

Sebagai langkah antisipasi terjadinya lonjakan permintaan pasar ketika stok barang sedang menipis maka lakukan pengadaan produk yang banyak saat produsen sedang memproduksi dalam jumlah besar. Beli bahan baku dalam jumlah yang banyak sebagai bahan persediaan. Solusi lainnya, Anda bisa menjalin kerjasama dengan beberapa produsen namun dengan kualitas yang hampir sama. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas produk camilan serta mempertahankan loyalitas konsumen terhadap produk yang anda jual.

Lalu bagaimana pemasarannya?

Pemasaran produk makan camilan bisa dilakukan dengan sistem konsinyasi atau titip jual. Namun, anda juga bisa memasarkannya dengan jual putus di beberapa tempat yang ramai pengunjung. Biasanya sistem pemasaran bisa disesuaikan dengan kesepakatan antar suplier dengan pemilik warung.

Untuk memperluas pasar serta memenuhi kebutuhan konsumen, anda bisa menawarkan produk camilan dengan berbagai ukuran mulai dari 100gr – 1000gr. Buatlah kemasan produk yang menarik agar konsumen tertarik membeli dan mudah diingat. Kualitas rasa dan kemasan yang menarik dapat mempertahankan produk yang anda jual di tengah ketatnya persaingan bisnis.

Strategi promosi lainnya yang dapat dilakukan guna meningkatkan penjualan adalah dengan melakukan penawaran harga khusus jika pembelian dalam jumlah banyak. Berikan potongan harga jika konsumen membeli dalam jumlah bayak, hal ini bisa menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan dan memberikan kepuasan layanan terhadap konsumen. Anda juga dapat memperluas pemasaran dengan menggunakan berbagai media online yang banyak tersedia saat ini sebagai alat promosi.

Kunci sukses menjalankan bisnis camilan makanan ringan

Hal yang terpenting agar usaha yang dijalankan dapat bertahan dan sukses yaitu dengan memperhatikan segi kualitas dan rasa. Untuk dapat mengetahui apakah rasa produk camilan yang anda jual nikmat dan bisa laris dipasaran, anda bisa melakukan uji coba terlebih dahulu dengan mencicipinya dan membagikan produk tersebut ke beberapa orang dan  tanyakan respon mereka terhadap rasa camilan tersebut.

Selain rasa, kemasan yang menarik juga turut menjadi faktor suksesnya bisnis camilan. Kemasan serta merk yang dapat mencuri perhatian banyak orang, bisa menjadi daya tarik utama yang membuat orang penasaran kemudian tertarik membeli produk camilan anda.

Demikian ulasan mengenai peluang usaha rumahan bisnis camilan makanan ringan yang dapat kami bagikan. Semoga  bermanfaat..

By : Ilawati Pristiani

Produsen kopi dan mesin kakao.

Bagikan ke

Kunci Sukses Bisnis Camilan Makanan Ringan

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.

Kunci Sukses Bisnis Camilan Makanan Ringan

Website Partner
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Dian
● online
Dian
● online
Halo, perkenalkan saya Dian
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout