Beranda » Blog » LEADER – Kepemimpinan yang baik

LEADER – Kepemimpinan yang baik

Diposting pada 21 March 2018 oleh / Dilihat: 1.706 kali

LEADER – Kepemimpinan yang baik

Menjadi-Pemimpin-Yang-Baik

Menjadi pemimpin bukanlah sebuah hal yang mudah, apalagi jika kita berniat menjadi pemimpin yang hebat di usia muda. Tidak bisa dipungkiri, jika di usia muda, pengalaman kita masih terbatas, namun hal ini bukan berarti kita tidak bisa menjadi pemimpin yang hebat, asalkan kita memiliki tekad untuk mewujudkannya. Agar dapat menjadi pemimpin hebat, seseorang harus memiliki hati yang baik. Seperti apa hati yang harus dimiliki seorang pemimpin (LEADER) hebat?

  1. L : Leading by Example

Karena inti dari kepemimpinan adalah pengaruh, seorang pemimpin harus memiliki hati yang tergerak untuk memberi pengaruh positif bagi para pengikutnya. Untuk dapat mengajak para pengikutnya bersama-sama maju, memberikan yang terbaik, dan mempersiapkan kemenangan, segala sesuatunya harus dimulai dari pemimpin.

Seorang pemimpin harus menyadari perannya sebagai panutan dan bersedia memberikan contoh terlebih dahulu sebelum mengharapkan kontribusi dari para pengikutnya.

  1. E : Encouraging Their Selves to Never Stop Learning

 

Seorang pemimpin hebat haruslah memiliki hati yang mau terus belajar. Jika ingin membangkitkan semangat dalam diri pengikutnya, seorang pemimpin tidak boleh berhenti di satu titik. Seorang pemimpin hebat akan selalu mencari cara untuk menjadi lebih baik dari hari ke hari.

Terhadap segala sesuatu yang terjadi, seorang pemimpin hebat akan mengambil hikmah positifnya, dan bila itu sebuah kegagalan, seorang pemimpin hebat akan mempelajari penyebab kegagalan tersebut, bangkit untuk memperbaikinya, dan terus maju hingga meraih kesuksesan.

  1. A : Adding Value in Others Life

Seorang pemimpin hebat haruslah memiliki hati yang siap memberi dan melayani. Seorang pemimpin hebat rela mengorbankan tenaga dan waktunya untuk memberikan arahan, berbagi ilmu, dan mengembangkan potensi, serta talenta pengikutnya.

Kepuasan tertinggi seorang pemimpin hebat tidak ditentukan dari seberapa banyak yang berhasil ia capai, melainkan dari seberapa banyak yang telah ia berikan bagi para pengikutnya. Tidak ada yang lebih membanggakan bagi seorang pemimpin hebat ketika melihat pengikutnya berhasil.

  1. D : Developing Vision & Strives on Achieving It

Jika kita melihat beberapa pemimpin hebat, seperti Steve Jobs, Bill Gates, pasti kita dapat memahami bahwa semua pemimpin hebat pasti memiliki visi yang jauh ke depan. Memiliki visi atau tujuan jangka panjang sangatlah penting karena visi adalah penunjuk arah ke mana hidup kita akan melangkah.

Namun, memiliki visi saja tidaklah cukup, jika kita tidak berupaya keras untuk mewujudkannya. Para pemimpin hebat tidak akan tanpa rintangan dalam mewujudkan visinya tersebut, tetapi yang membedakannya adalah komitmennya untuk terus maju dan pantang menyerah.

  1. E : Empowering Others

Pemimpin yang hebat haruslah mampu menumbuhkan kepercayaan diri para pengikutnya. Pemimpin yang hebat bukanlah seorang yang mampu melakukan semua tugas sendiri, melainkan ia membuat para pengikutnya merasa mampu untuk menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Untuk membuat seseorang merasa mampu, pemimpin harus memiliki trust terhadap pengikutnya. Dengan adanya trust, seseorang bahkan dapat memberikan lebih daripada yang kita harapkan.

  1. R : Risk-taker

Di dalam bisnis maupun kehidupan, kita seringkali dihadapkan pada berbagai pilihan yang mengandung resiko atau tetap di zona nyaman (comfort zone). Pemimpin hebat tidak akan berhenti di zona nyaman (comfort zone) dan memilih untuk terus bergerak maju. Ia selalu memiliki keberanian untuk mengambil resiko karena melihat adanya visi yang dapat dicapainya. Baginya, kesuksesan yang diraih esok hari ditentukan dari pilihan yang diambil hari ini.

 

Ruth Retno Dewi

Bagikan ke

LEADER – Kepemimpinan yang baik

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.

LEADER – Kepemimpinan yang baik

Website Partner
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Dian
● online
Dian
● online
Halo, perkenalkan saya Dian
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout