Beranda » Blog » Loyalitas Kerja (Bagian 2)

Loyalitas Kerja (Bagian 2)

Diposting pada 25 July 2016 oleh / Dilihat: 886 kali

LOYALITAS KERJA || CARA MENGATASI PENURUNAN LOYALITAS KERJA KARYAWAN

loyalitas kerja

 

Penurunan loyalitas kerja sesuai dengan pengertian loyalitas karyawan bukan berarti akhir bagi hubungan karyawan dan perusahaan tempatnya bekerja. Perusahaan dapat mengatasi penurunan loyalitas kerja karyawan dengan mewujudkan harapan-harapan serta memenuhi kebutuhan-kebutuhan para karyawan yang sempat terabaikan sebelumnya. Beberapa cara mengatasi penurunan loyalitas kerja sesuai dengan pengertian loyalitas karyawan antara lain:

  1. Memberikan gaji yang cukup, sebelum karyawan menuntut hak yang tidak (belum) diberikan supenuhnya. Karena tuntutan sering terjadi sebagai perwujudan ketidakpuasan karyawan terhadap perusahaan.
  2. Memberikan kebutuhan rohani, karena loyalitas adalah tentang rasa. Sudah selayaknya karyawan mendapatkan motivasi kerja, bukan hanya tuntutan kerja yang kadang memberatkan.
  3. Sesekali perlu menciptakan suasana santai, hubungan antara karyawan dan pimpinan seringkali tegang karena sikap kaku yang kadang dimiliki pimpinan. Cobalah lebih santai, sesekali bercanda disaat memantau karyawan dalam bekerja.
  4. Menempatkan karyawan pada posisi yang tepat, the right man on the right place, begitulah mestinya. Karena kenyamanan bekerja salah satunya karena karyawan merasa cocok pada posisi tersebut.
  5. Memberikan kesempatan pada karyawan untuk maju, peran motivasi disini sangatlah dibutuhkan. Bukan hanya motivasi dalam bentuk lisan atau tulisan tapi terkadang bonus, jenjang karir juga bisa membuat karyawan lebih maju.
  6. Memperhatikan rasa aman untuk menghadapi masa depan. Mempersiapkan dana tabungan untuk hari tua, mungkin pilihan tepat salah satunya. Cobalah dirundingkan dengan karyawan anda. Agar ada kesepahaman tentang hal ini.
  7. Mengusahakan karyawan untuk mempunyai loyalitas. Sesekali mengajak karyawan berunding untuk memcahkan suatu masalah yang ada. Karena merasa suranya didengar, karyawan secara tidak langsung merasa memiliki perusahaan.
  8. Memberikan fasilitas yang menyenangkan. Ciptakan lingkungan kerja yang kondusif, agar tidak menimbulkan ketidakcocokan karyawan dengan pemimipin, pekerjaan yang dinilai tidak prestige, serta kurangnya penghargaan perusahaan terhadap prestasi kerja karyawan.

Dengan demikian, mereka pun akan lebih betah dan merasa memiliki perusahaan (sense of belonging). Sehingga mereka akan merasa sangat keberatan bila meninggalkan kantor dan pekerjaannya saat ini. Karena pada dasarnya hubungan antara karyawan dan perusahaan adalah hubungan simbiosis mutualisme yang mana dengan arti bahwa itu adalah hubungan yang saling menguntungkan. Dengan kata lain tidak bisa hanya satu pihak yang diuntungkan sementara pihak lain bekerja penuh loyalitas tanpa imbalan yang pantas. Yang penting sebagai pimpinan anda terus memotivasi dan menumbuhkan semangat loyalitas karyawan yang ada.

Bagikan ke

Loyalitas Kerja (Bagian 2)

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.

Loyalitas Kerja (Bagian 2)

Website Partner
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Dian
● online
Dian
● online
Halo, perkenalkan saya Dian
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout