Beranda » Blog » 5 Hal Penting untuk Customer Service Bisnis Anda

5 Hal Penting untuk Customer Service Bisnis Anda

Diposting pada 26 April 2016 oleh / Dilihat: 1.088 kali

5 Hal Penting untuk Customer Service Bisnis Anda

penting

Yang Harus Anda Bekali Bagi Customer Service Bisnis Anda. Customer Service adalah hal penting yang kadang kala disepelekan oleh orang yang melakukan transaksi penjualan maupun penawaran terhadap suatu produk. Perusahaan-perusahaan yang berinteraksi dengan konsumennya secara langsung, terutama mereka yang menerima banyak pertanyaan atau permintaan,  perlu memberikan keleluasaan cukup besar bagi kecakapan para customer service dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Customer Service atau yang lebih sering disingkat dengan CS merupakan ujung tombak sebuah perusahaan. Kualitas, sikap dan layanan mereka sangat menentukan keputusan calon pembeli.

Maka, sebelum menempatkan Customer Service di garis depan perusahaan Anda, ada baiknya Anda sudah harus membekali mereka dengan 5 hal berikut:

1. Pengetahuan secara detail atas Produk

penting
Tentu saja customer service harus mengetahui 100% mengenai spesifikasi secara detail mengenai produk Anda, hingga potensi perkembangannya. Dengan demikian, mereka bisa 100% menjelaskan
juga dapat memberikan solusi 100% sesuai keperluan pembeli.

2. Senyum Ramah

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap pembeli pasti ingin dilayani oleh Customer Service  yang penuh senyuman dan keramahan. Mungkin senyuman tidak nampak secara nyata di dunia online yang parameternya sebagian besar berupa tulisan dan tata bahasa. Namun bukankah layanan yang tulus dan ramah akan sampai ke hati apapun medianya.

penting
3. Memiliki Komunikasi yang Baik
Yang dimaksud di sini adalah cepat menanggapi dengan respon-respon yang cerdas. Meskipun sekedar obrolan ringan untuk membuat customer nyaman. Karena rasa nyaman berawal dari komunikasi yang baik sehingga pembeli akan merasa terlayani dengan baik, dan tanpa ragu akan membeli produk anda.

penting

4. Mengontrol Emosi

pentingSemakin banyak pembeli yang dihadapi semakin beragam pula sifat dan sikapnya. Disinilah butuh kontrol emosi yang baik bagi customer service untuk menghadapi pembeli yang kadang tak bersikap ramah juga baik. Ada layanan, hukumnya pasti ada komplain. Maka Customer Service harus memiliki jiwa besar dan kontrol emosi yang baik untuk tidak terpancing dan menimbulkan mood yang kurang baik saat bekerja.

5. Menjadi Pendengar yang baik

penting
Seorang Customer Service merupakan jembatan antara perusahaan dan pembeli. Jika ada keluhan atau apapun dari pelanggan, maka CS harus melebarkan telinganya, dan merapatkan mulutnya. Artinya, dengarkan dengan baik, teliti dan pahami maksud dari inti pembicaraan, tidak menyela  maupun mengelak bahkan melakukan kesalahan lain yang tidak ada hubungannya dengan apa yang dikeluhkan pelanggan. Pembeli yang bersedia meninggalkan feedback adalah pembeli yang masih peduli dengan bisnis kita.

Bagikan ke

5 Hal Penting untuk Customer Service Bisnis Anda

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.

5 Hal Penting untuk Customer Service Bisnis Anda

Website Partner
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Dian
● online
Dian
● online
Halo, perkenalkan saya Dian
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout