Beranda » Blog » Bakpao Telo Ungu yang Lembut dan Enak

Bakpao Telo Ungu yang Lembut dan Enak

Diposting pada 29 August 2017 oleh / Dilihat: 1.465 kali

Bakpao Telo Ungu yang Lembut dan Enak

Bakpao (Hanzi) merupakan makanan tradisional yang berasal dari Tionghoa. Mayoritas orang Tionghoa di Indonesia menyebutnya bakpao yang diserap dari bahasa Hokkian. Pao itu berarti bungkusan, dan bak itu artinya daging jadi bakpao berarti bungkusan (berisi) daging.

Kulit bakpao dibuat dari adonan tepung terigu, bisa juga ditambahkan ubi-ubian untuk menambah citarasanya. Adonan kulit bakpao kemudian diberi isian, lalu dibiarkan agar mengembang dan kemudian dikukus sampai matang. Untuk membedakan bakpao tanpa daging (vegetarian) dari bakpao berdaging biasanya di atas bakpao diberi titikan warna.

Bakpao dapat diisi dengan bahan lainnya seperti daging ayam, sayur-sayuran, serikaya manis, selai kacang kedelai, kacang azuki, kacang hijau,dan sebagainya, sesuai selera.

Di Kota Malang, ada yang khas dari bakpao, yaitu terbuat dari campuran ketela atau ubi. Disebut juga bakpao telo ungu, yang merupakan salah satu olahan ubi yang memiliki rasa yang enak dan lembut. Yang menarik dari bakpao Malang atau bakpao ubi ungu adalah terbuat dari makanan yang termasuk komoditi kota Malang yaitu telo (ketela rambat/ubi) ungu.

Bakpao ubi ungu di cari-cari orang karena rasa lengket di setiap gigitan yang membuat bakpao terasa semakin lembut saat di gigit. Selain itu warnanya yang ungu membuat bakpao ubi telo ungu semakin berpenampilan cantik dan menarik untuk di makan walaupun tanpa pewarna tambahan. Untuk warna ungu yang dihasilkan tergantung kualitas ubi ungu yang digunakan. Kalau warna ungunya kurang mencolok, boleh ditambahkan beberapa tetes pewarna ungu yang kualitas bagus dan halal.

Bakpao Telo Ungu yang Lembut dan Enak

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Bakpao Telo Ungu yang Lembut dan Enak

Bahan Bakpao:

  • 250 gram terigu
  • 150 gram meises coklat
  • 40 gram gula halus
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 150 gram ubi ungu
  • Air es secukupnya
  • 30 gram mentega
  • 1/2 sdt garam halus
  • 1 1/2 sdt fermipan
  • 25 gram susu bubuk
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/8 sdt pewarna ungu

 Cara Membuat Bakpao Ubi Ungu yang Lembut dan Enak

Cara Mempersiapkan Ubi:

  1. Untuk yang pertama kita lakukan terlebih dahulu dengan mempersiapkan ubinya. Caranya, silahkan kupas ubi ungu dengan menggunakan alat pengupas secara merata. Pastikan jika anda telah membersihkan semua kotoran yang ada pada ubi secara merata. Masukkan ubi yang telah dikupas kedalam baskom yang sudah diisi air. Lalu ayak secara merata sampai kotoran dibersihkan dan dihilangkan merata.
  2. Selanjutnya adalah dengan memotong ubi dengan ukuran yang anda inginkan. Gunakan pisau untuk memotong bahan ini secara merata. Lalu masukkan kembali dalam wadah dan sisihkan sementara.
  3. Siapkan kukusan dan panaskan diatas api yang sedang. Tunggu sampai panas secara merata dan masukkan ubi kedalam kukusan. Kukus sampai matang hingga empuk selama kurang lebih 20 menit.
  4. Setelah matang, angkat ubi dari kukusan dan sisihkan dalam wadah untuk kemudian haluskan secara merata dengan menggunakan ulekan atau dengan menggunakan mesin blender sampai bahan ini menjadi lebih halus.
  5. Bila sudah halus, masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara untuk kemudian anda akan siap membuat bahan lainnya.

Cara Membuat Bakpao:

  1. Untuk membuat sajian kali ini dapat dilakukan dengan menyiapkan sebuah wadah dekat dengan jangkauan anda. Selanjutnya, silahkan masukkkan ubi ungu bersama dengan vanila bubuk, tepung terigu, gula halus, fermipan, susu bubuk dan juga garam halus. Aduk-aduk semua bahan ini secara merata sampai tercampur dan teraduk.
  2. Selanjutnya adalah dengan menambahkan sedikt air kedalamnya dengan perlahan sambil diuleni secara merata dengan menggunakan tangan.
  3. Lalu tambahkan dengan menggunakan pewarna ungu dan aduk-aduk kembali sampai semua bahan ini tercampur dan teraduk secara merata dan warna dari adonan berubah menjadi ungu merata.
  4. Selanjutnya adalah dengan menambahkan mentega dan uleni bahan ini secara merata sampai kalis dan tercampur. Diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit dengan ditutupi menggunakan kain bersih.
  5. Kempeskan adonan bakpao dan bagi adonan menjadi beberapa bagian. Setelah itu, pipihkan kembali adonan dan bentuk kembali dengan bentuk bulat secara merata. Lalu diamkan kembali selama kurang lebih 30 menit agar mengembang secara merata.
  6. Siapkan kukusan dan kukus bakpao didalamnya sampai matang dan empuk secara merata.

Bila sudah matang, angkat sajian ini dari kukusan dan hidangkan dalam piring saji untuk kemudian anda akan siap menikmati sajian ini.

Resep : Selera Rasa

Bagikan ke

Bakpao Telo Ungu yang Lembut dan Enak

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.

Bakpao Telo Ungu yang Lembut dan Enak

Website Partner
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Dian
● online
Dian
● online
Halo, perkenalkan saya Dian
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout